Kamis, 21 Januari 2016

RANGKAIAN DEMODULATOR FM


            Demodulator FM merupakan alat yang digunakan untuk mengembalikan sinyal informasi dari hasil modulasi frekuensi ke bentuk semula. Prinsip kerjanya merupakan kebalikan dari modulator yang telah dijelaskan sebelumnya.







Gambar rangkaian demodulator FM
http://dyahnur.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/40232/7+modulator+demodulator.pptx diakses tanggal 15/01/2016 6:02
 




            Gambar diatas merupakan salah satu rangkaian demodulator FM yaitu Slope FM Detector. Banyak rangkaian yang dapat digunakan sebagai demodulator diantaranya Slope FM Detector, Foster-Seeley FM Detector, Ratio Detector, PLL FM Demodulator, Quadrature FM Demodulator, dan Coincidence FM Demodulator.
            Slope FM detector merupakan rangkaian sederhana dari FM demodulator. Terdiri dari sebuah transformator untuk penguat frekuensi menengah pada demodulator. Rangkaian di setel dengan frekuensi sedikit diatas atau di bawah dari sinyal carrier, hal ini menyebabkan sinyal FM yang frekuensinya bervariasi sebanding (linieritas) dengan sinyal dalam rangkaian yang bervariasi pada amplitudo nya. Linieritas ini tidak hanya tergantung pada sinyal FM tetapi juga penyetelan dari rangakaian slope FM detector.
            Selanjutnya adalah memodulasi amplitudo yang dilakukan dengan rangkaian sederhana dari dioda untuk mendapatkan sinyal informasi yang kemudian bsa diteruskan ke speaker jika rangkaian dimaksudkan sebagai penerima radio.
            Kekurangan pada Slope FM Detector ini adalah semua variasi amplitudo dan frekuensi sinyal yang masuk akan muncul pada output akan tetapi hal ini dapat ditangani dengan menempatkan sebuah limiter sebelum detektor. Limiter ini dapat digunakan untuk diskriminator frekuensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar